SEJARAH INTERNET DIINDONESIA | ilmu internet | tutorial internet indonesia

SEJARAH INTERNET DIINDONESIA

May 17th, 2013 0 Comments

Wikipedia mencatat bahwa Internet masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990-an. Ketika itu jaringan internet di Indonesia dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong sangat baik di antara mereka. Berbeda dengan suasana Internet Indonesia sekarang ini yang terasa lebih komersial dan individual . Sejak tahun 1988, ada pengguna Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.Dari catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adi soemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing dari mereka telah mengkontribusikan keahliannya dalam membangun jaringan internet di Indonesia, dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio“pada bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989.

sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. Dimana IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Ketika itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell
account, browser lynx dan email
client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Tahun 1995, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan ijin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.

Mulai tahun1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP). (sumber:Wikipedia.com)

email

Copy dan Pastekan kode HTML dibawah ini untuk tukar link GRATIS

Tips & Tutorial

iklan  

jika anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, mohon untuk disebarluaskan dengan klik berikut:

Digg
stumbleupon
Delicious
facebook
twitter
reddit
rss feed bookmar
   

No Comment to “SEJARAH INTERNET DIINDONESIA”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

 

Link Sahabat

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Tips & Tutorial

Free Automatic Backlinks Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Internet Blogs
blog sites Page Rank Checker Tips, Triks AdSense, Tutorial Blog, Free Download E-Book, belajar internet, tutorial website, Bisnis Penghasil Dollar, cara buka Paypal/Alertpay, tips google adsense, bisnis internet, pusat bisnis online, pulsamurah direktori+blog+indonesia url submit Submit Blog & RSS Feeds Flag Counter W3 Directory - the World Wide Web Directory IndoUrl - indonesian directory
eXTReMe Tracker