perkembangan Jaringan dari masa kemasa | ilmu internet | tutorial internet indonesia

perkembangan Jaringan dari masa kemasa

March 28th, 2016 0 Comments

Membicarakan perkembangan dunia teknologi informasi tidaka pernah akan ada matinya, semakin tahun perkembangan semakin pesat seperti perkembangan jaringan internet. awal mula kita menggunakan ponsel hanya berupa GSM namun sekarang sudah ada GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE, apa sih itu semua, GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE adalah  suatu bandwith koneksi yang dipergunakan untuk mengakses internet yang dipakai oleh operator-operator jaringan telekomunikasi (Wireless).dansudah hampir semua operator telekomunikasi di indonesia seperti TELKOMSEL, INDOSAT, EXIS, XL dan SMARTFREND sudah menggunakan bandwith 4G LTE dimana teknologi ini merupakan teknologi terbaru yang memungkinkan kita untuk berselancar di internet dengan cepat dan akses youtubepun tidak akan lelet, namun kendalanya hanya masih dikota-kota besar aja yang bisa menggunakan jaringan 4G LTE, kalau di tempat saya baru nyampe HSPA+ itu pun kalau cuacanya lagi bagus kalau lagi hujan paling ya GSM dan GPRS.

perkembangantelekomunikasi

untuk lebih jelasnya berikut detail perbedaan jaringan  GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE

1.GSM  (Global System for Mobile Communications)

GSM atau sering disebut 2G jaringan ini mendukung panggilan suara serta SMS dengan kecepatan kira-kira 9.6kbit /s.

2. GPRS (General Packet Radio Service)

GPRS atau 2,5G adalah sbuah layanan komunikasi nirkabel berbasis paket. Ini adalah teknologi jaringan 2G yang mendukung kecepatan download hingga 114Kbps. dan juga merupakan suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).

3.EDGE (Enhanced Data GSM Evolution)

GPRS serta EDGE keduanya teknologi 2G EDGE namun dengan cara signifikan lebih cepat dengan kecepatan download hingga 384Kbps. EDGE kadang-kadang disebut jaringan 2.5G sebab juga mempunyai berbagai karakteristik dari jaringan 3G namun tak memenuhi spesifikasi. EDGE adalah berbagai sambungan 2G yang dikombinasikan. Dalam EDGE,

Jaringsn EDGE  ini merupakan teknologi pengembangan dari  dari GSM dan IS-136. Pada GPRS menawarkan kecepatan data sebesar 115 kbps, dan secara teori dapat mencapai 160 kbps. Sedangkan pada EDGE kecepatan datanya sbesar 384 kbps, dan secara teori dapat mencapai 473,6 kbps. Secara umum kecepatan EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS.Hal ini ditunjukkan oleh simbol E sebelah bar sinyal.

4. 3G

Jaringan 3G memungkinkan untuk membikin panggilan video serta streaming video, dengan kecepatan download hingga 3.1Mbps. Teknologi 3G sering disebut dengan Mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang dapat dibawa ke mana saja. 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses 3.1Mbps Jaringan 3G tak memakai frekuensi radio yang sama semacam 2G operator seluler maka wajib membangun jaringan yang sama sekali baru serta lisensi frekuensi yang sama sekali baru. Sinyal ditunjukkan oleh simbol 3G di sebelah bar sinyal ponsel.

5. HSDPA (High-Speed Down-link Packet Access)

HSDPA atau sering disebut 3,5 G , jaringan ini merupakan pengembangan dari jaringan 3G serta perangkat tambahan untuk 3G. Jadi mempunyai kecepatan yang lebih cepat, kecepatan download bisa hingga 14Mbps. sinyal  ini ditunjukkan dengan simbol H sebelah bar sinyal pada ponsel.

6. 4G LTE 

4glte

Saat ini hampir semua operator telekomunikasi menerapkan 4G,meskipun sebenarnya teknologi 4G ini seperti Long Term Evolution (LTE) hanya merupakan evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) berasal dari 3GPP2, sehingga sulit untuk membedakan dengan jelas teknologi 3G dan 4 G. Salah satu teknologi 4G yaitu WiMax mobile standard telah diterima oleh ITU untuk ditambahkan pada IMT-2000, sehingga teknologi baru ini masih digolongkan ke dalam keluarga 3G. International Telecommunication Union (ITU) sedang mempelajari kemampuan mobile broadband yang disebut IMT-advanced yang disebut teknologi generasi keempat (4G).

email

Copy dan Pastekan kode HTML dibawah ini untuk tukar link GRATIS

Tips & Tutorial

iklan  

jika anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, mohon untuk disebarluaskan dengan klik berikut:

Digg
stumbleupon
Delicious
facebook
twitter
reddit
rss feed bookmar
   

No Comment to “perkembangan Jaringan dari masa kemasa”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

 

Link Sahabat

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Tips & Tutorial

Free Automatic Backlinks Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Internet Blogs
blog sites Page Rank Checker Tips, Triks AdSense, Tutorial Blog, Free Download E-Book, belajar internet, tutorial website, Bisnis Penghasil Dollar, cara buka Paypal/Alertpay, tips google adsense, bisnis internet, pusat bisnis online, pulsamurah direktori+blog+indonesia url submit Submit Blog & RSS Feeds Flag Counter W3 Directory - the World Wide Web Directory IndoUrl - indonesian directory
eXTReMe Tracker